Akademisi USU Roy Fachraby Ginting Harapkan Presiden Jokowi Tunjuk Prof Muryanto Amin Sebagai Pejabat Gubsu

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi akan segera mengakhiri masa jabatan pada tanggal 5 September 2023 mendatang.

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi akan segera mengakhiri masa jabatan pada tanggal 5 September 2023 mendatang.

Mencermati hal ini, akademisi USU, Roy Fachraby Ginting SH MKn, mengharapkan, agar Sumatera Utara dapat prioritas untuk penetapan Pejabat Gubernur dari kalangan akademisi. Di mana sosok yterbaik dan paling tepat untuk itu adalah Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin.

“Karena Beliau adalah figur yang sangat paham secara menyeluruh mengenai Sumut,” ujar Roy Fachraby Ginting SH MKn yang merupakan dosen di Lembaga UPT PP LIDA USU ini.

Kata Roy, pengajuan Prof Dr Muryanto Amin menjadi Pj Gubernur Sumut tentu sudah melalui berbagai kajian politik, kepentingan pembangunan, dan kesejahteraan rakyat.

Menurutnya, Sumut butuh pemimpin yang netral dan bisa diterima oleh semua pihak, di mana kalau dari kalangan akademisi diharapkan akan memiliki pemikiran hebat mengenai skala prioritas pembangunan Sumut ke depan.

Hal ini, lanjutnya, tidak terlepas dari pengetahuan dan pengalaman Prof Dr Muryanto Amin. Termasuk dalam pemahaman mendalam tentang teori dan penelitian dalam bidang tertentu.

“Ini memungkinkannya untuk menentukan kebijakan publik serta memahami pelbagai isu yang kompleks di Sumatera Utara dalam mengantarkan suksesi kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara ke depan,” kata dosen mata kuliah hukum bisnis di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU ini.

Pahami Sumut

Sosok Prof Dr Muryanto Amin, menurutnya, cocok dan pas sebagai Pj Gubsu yang nantinya tentu harus memahami Sumut. Yakni mulai dari aspek demografi, topografi, hingga karakter Sumut yang berwarna.

Selain itu, Muryanto Amin sebagai Pj Gubsu akan dapat memahami persoalan yang ada di berbagai perspektif. “Dan hal ini tentu sangat cocok. Mengingat Beliau selama ini adalah dosen dan staff pengajar serta mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik di USU. Dan saat ini menjadi Rektor USU yang tercatat cukup berprestasi. Yakni, mengantarkan Universitas Sumatera Utara yang berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” tutur pria yang juga pernah menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi USU ini.

Untuk itu, Roy Fachraby Ginting mengharapkan Mendagri RI dapat memberikan pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo agar Pj Gubsu merupakan sosok dan figur akademisi. Dan tentu harus paham kultur sosial budaya di Sumatera Utara, baik dari segi demografi kependudukan, topografi wilayah. Kemudian karakter yang lebih begitu berwarna dan memahami juga persoalan di Sumut dari berbagai perspektif.

“Dan itu semua ada pada diri Prof Dr Muryanto Amin,” tegas Roy Fachraby Ginting.

Roy Fachraby juga berharap agar Pj Gubsu nantinya dapat membawa iklim kebhinnekaan yang menyegarkan di Sumut. Sehingga Sumut bisa bangkit ke depannya.

“Kita berharap Pejabat Gubernur Sumatera Utara yang akan hadir di Sumut akan membawa sesuatu yang lebih menyegarkan. Dengan kondisi bagaimana Sumut bisa bangkit ke depannya dengan kepemimpinan Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin. Tentunya hal ini kita harapkan dapat diusulkan DPRD Sumut untuk direkomendasikan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk ditetapkan menjadi Pejabat Gubernur Sumatera Utara,” tutup Roy Fachraby Ginting.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment